Wednesday, December 9, 2020

Lokasi Yang Cocok Untuk Budidaya Pisang

 

Lokasi Yang Cocok untuk budidaya pisang

Pemilihan lokasi untuk penanaman pisang dirasa penting untuk mendukung kemajuan sebuah usaha. Salah memilih lokasi bisa menyebabkan target yang ingin dicapai tidak tercapai dan tidak memperoleh hasil yang memuaskan.

Tanah Subur

Tanah yang subur untuk budidaya pisang penting untuk menunjang pertumbuhan tanaman pisang. Tanah yang subur kaya akan unsur organic, mudah mengikat air dan derkat dari sumber air. Tanah yang subur juga tidak berbatu batu (bercadas) cukup mengandung air namun tidak tergenang.

Bila tanah banyak mengandung unsur organic maka akan muncul banyak cacing, bakteri pengurai dan umumnya bertekstur liat berpasir dengan derajat keasaman 4,5-7,5. Keadaan tanah yang seperti ini akan memudahkan tumbuh kembangnya tanaman pisang di tanah dan turut serta meningkatkan produktivitas budidaya pisang.



Dataran Rendah dan dataran tinggi kurang dari 1000 mdpl

Menanam pohon pisang lebih ideal kurang dari 1000 dmpl. Walapun demikian, diatas 1000 mdpl, tanaman pisang juga bisa tumbuh, hanya saja produktifitasnya tidak sebagus di dataran rendah.

Curah hujan 2000-2500 mm per tahun

Tanaman pisang cocok tumbuh bila hujan merata sepanjang tahun. Hal ini akan mendukung pertumbuhan pisang menjadi lebih cepat dan menghasilkan buah tandan yang lebih banyak.



pohon bibit pisang cavendish



Lahan Terbuka (tidak tertutup)

Lahan terbuka memungkinkan sinar matahari lebih optimal dalam menyinari tanaman pisang. Hal ini akan mendukung tumbuh kembangnya tanaman pisang secara optimal.





No comments:

Post a Comment

Mudahnya Budidaya Pisang

  Bibit Pisang Jogja Budidaya pisang relatif mudah dilakukan dan dapat dilakukan oleh pemula sekalipun. Berikut adalah langkah-langkah umum ...